“Opini merupakan hal yang sangat bising di dunia ini. Terlalu banyak orang yang berbagi opini yang bahkan tidak penting bagi orang lain. Kita menjadi orang-orang yang suka mengkritik, tetapi tidak memberi solusi.” - Lisa Bevere

 

Menurut Anda, apakah pernyataan itu benar? Menurut saya, ya, itu sangat benar. Saya belum menemukan orang yang mengeluarkan kritik untuk memberikan solusi. Mereka hanya ingin menggemakan kembali masalah tersebut dan tidak menolong dalam mencari jalan keluar. Saya pribadi merasa kritik itu sangat penting jika ada solusinya. Banyak hal yang saya ingin tanyakan ke orang-orang sekitar mengenai achievements saya, namun mereka hanya menggemakan masalah yang saya jelas sudah tahu. Jadi, apa yang harus kita semua lakukan untuk menghentikan kritik yang “tidak penting” seperti diatas?

Kritik merupakan sebuah analisis yang dilakukan dengan begitu detilnya sehingga mendapatkan masalah yang selama ini dilakukan. Kritik merupakan sebuah pembahasan yang cukup panjang agar para pembaca atau pendengar dapat mengetahui atau mengidentifikasi masalahnya dimana. Itu adalah definisi umum kritik. Kritik pun memiliki 2 tipe, yaitu Constructive Criticism dan Destructive Criticism.

Constructive criticism adalah tipe kritik yang memberitahu salahnya dimana, namun memberikan solusi agar masalah tersebut tidak terulang kembali. Constructive criticism menyadarkan seseorang bahwa apa yang mereka lakukan salah dan dapat membimbing mereka ke keputusan yang benar.

Destructive criticism adalah tipe kritik lainnya yang hanya menggemakan sebuah masalah dan di sebuah artikel oleh skillsyouneed.com, “Destructive criticism is often thoughtlessness by another person, but it can be deliberately malicious and hurtful.”

Jadi menurut Anda, kita harus menjadi seorang “pengkritik” yang mana? Banyak sekali yang hanya ingin mengkritik tanpa memberi solusi karena ego atau menganggap dirinya di sebuah tingkat yang tinggi. Namun, jangan membiarkan ego Anda menjadi beban (seoerti stres, amarah, dan sakit hati) bagi orang lain.

 

Untuk informasi tentang 2-month free trial kami, ketik http://ncommerce.id. Untuk informasi tentang acara ‘Hot to Scale Up Your Business’ di Bandung, hubungi kami (WhatsApp Cindy: +6281381620069).